Jumat, 21 Januari 2011

Bagaimana agar doa cepat dikabulkan??

Akhi Ukhti fillah, pastilah kita semua pernah memanjatkan doa. Apa yang bisa didapatkan seorang muslim muslimah tanpa doa? Doa adalah senjata utama orang mukmin dalam segala kondisi dan keadaan. Sebagaimana Allah berfirman,

” Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Kuperkenankan bagimu.” (QS. Al-Mukmin: 60)

Namun terkadang doa yang kita panjatkan tidak terkabul. Tahukan akhi ukhti sekalian mengapa doa bisa tidak terkabul? Apa apakah saja yang menyebabkan doa tidak terkabul?

1. Mengkonsumsi barang yang haram
Sebenarnya, doa tidak dikabulkan Allah bukan karena Allah tidak sudi, namun keampuhan doa lenyap karena adanya penghalang. Penghalang itu berupa makan, minum, dan memakai sesuatu dari yang haram.

2. Tergesa gesa ingin menuai hasil doa, lalu meninggalkannya
Betapa banyak diantara kita tatkala diingatkan untuk berdoa lalu menjawab, “aku sudah banyak berdoa, toh tidak dikabulkan juga”.

Seperti yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah bahwa Rasulullah bersabda,

“Akan dikabulkan salah seorang dari kalian selama berdoa untuk sesuatu yang mengandung dosa atau memutus silaturahmi, selagi ia tidak tergesa-gesa. Lalu dikatakan, “Wahai Rasulullah, apa maksud dari tergesa-gesa itu? Beliau Bersabda, “Yakni dengan mengatakan, ‘aku telah berdoa namun (Allah) tidak juga mengabulkan untukku. “Lalu dia merasa sia-sia berdoa dan meninggalkannya.” (HR. Muslim)

3. Meninggalkan Amar Ma’ruf Nahi Munkar
Masih kita rasakan, bencana demi bencana mendera negeri ini. Belum adakah orang shalih di antara kita yang berdoa? Mungkin sudah. Tapi ketika kemungkaran dibiarkan merajalela, dosa dan maksiat dianggap biasa, maka bencana akan menimpa.
Rasulullah SAW. Bersabda,

“ Demi yang jiwaku ada di tangan-Nya, kalian benar-benar mengajak yang ma’ruf dan mencegah yang munkar, atau kalu tidak, niscaya hamper-hampir Allah akan menimpakan bencana kepada kalian, lalu kalian berdoa kepada-Nya, tetapi doa kalian tidak dikabulkan.” (HR. Tirmidzi)

4. Salah cara
Agar doa bisa diterima Allah, harus ikhlas dan benar caranya. Kesalahan dalam berdoa misalnya adalah melampaui batas dalam berdoa. Allah berfirman,

“Berdoalah kepada Tuhanmu dengan berendah diri dan suara yang lembut. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang orang yang melampaui batas.”
( QS. al-A’raf: 55)

Kesalahan lainnya adalah mengkhususkan tempat untuk berdoa yang tidak dikhususkan oleh syariat. Seperti mengistimewakan kuburan daripada masjid ataupun rumah.

5. Syirik kepada Allah
Syirik dalam berdoa adalah kesalahan yang paling fatal pada orang yang berdoa. Yakni seseorang yang berdoa kepada Allah, namun disaat yang lain ia berdoa kepada sesembahan selain Allah. Allah berfirman,

“Dan sesungguhnya masjid masjid itu adalah kepunyaan Allah. Maka janganlah kamu menyembah (berdoa kepada Allah) sesuatupun di dalamnya di samping (berdoa kepada) Allah.”
(QS. al-Jin: 18)

0 komentar:

Posting Komentar